Bagaimana Cara Kerja Compressor Copeland Scroll

Prinsip dasar kompresi compressor copeland scroll adalah interaksi antara fixed scroll (scroll yang tidak bergerak) dengan orbiting scroll (scroll yang bergerak). Kedua scroll ini saling bersinggungan satu sama lain tetapi berbeda sudut. Orbit scroll yang bergerak akan mengikuti jalur yang di bentuk scroll yang tidak bergerak. Keduanya saling bersinggungan berdasarkan gaya sentrifugal. Ruang Kompresi terbentuk dari mulai bagian luar sampai ke bagian dalam dimana volume ruang kompresi semakin di perkecil,akibatnya tekanan menjadi naik dan pada akhir kompresi, refrigerant keluar dari bagian tengah kedua scroll tersebut. Cara Kerjanya Sederhana, Refrigerant gas bertemprature rendah dan bertekanan rendah masuk dari bagian suction ke ruang Compressor. Refrigerant ini kemudian bersinggungan dengan motor compressor yang bertemprature lebih tinggi sehingga terjadi aliran kalor dari motor ke refrigerant. refrigerant ini kemudian masuk ke intake Compressor untuk mulai proses kompresi. refrigerant yang terperangkap di ruang scroll kemudian di kompresikan dikeluarkan dari bagian tengah scroll. Pada saat proses kompresi, tekanan dan temprature refrigerantan berangsur angsur naik karena volume ruang kompresi semakin kecil. Refrigerant yang sudah bertekanan tinggi ini kemudian keluar dari pipa Compressor Discharge. dibagian pipa discharge terdapat valve disc yang berfungsi untuk mencegah tekanan balik dari discharge atau condensor pada saat compressor mati.

diantara ruang discharge dan suction terdapat pressure relief valve yang berfungsi untuk membuang tekanan discharge kebagian suction jika terjadi tekanan yang berlebihan. pelumas yang berada di bagian bawah compressor berdasarkan gaya sentrifugal naik ke bagian atas untuk melumasi bagian bagian yang bergerak melalui saluran yang ada dibagian shaft compressor.
untuk lebih jelas mengenai bagaimana cara kerja Compressor Copeland Scroll ini, silahkan saksikan atau tonton video berikut.